HEADLINE NEWS

Pengguna Facebook Makin Jarang "Update Status"

Pengguna Facebook Makin Jarang "Update Status"
PENGGUNA jejaring sosial Facebook makin jarang update status dengan mengunggah posting orisinal --posting yang kontennya ditulis atau dibuat sendiri oleh pengguna.

Dikutip KompasTekno dari The Information (11/4/2016), hingga pertenghan 2015 lalu, jumlah sharingsecara keseluruhan di Facebook mengalami penurunan 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Jumlah posting original menunjukkan penurunan lebih besar lagi, mencapai 21 persen year over year. Pada awal tahun ini, penurunan posting original terjadi lagi sebesar 15 persen year over year.

Artinya, pengguna Facebook semakin jarang melakukan “update status”, menulis sesuatu, mengunggah foto atau jenis konten lainnya.

Posting original memegang peranan penting bagi Facebook karena jenis konten ini paling banyak menghasilkan interaksi pengguna.

Status yang mengumumkan pertunangan atau update soal keluarga, misalnya, bakal memancing komentar dan “like” yang menghidupkan suasana di layanan tersebut sehingga membuat pengguna betah berlama-lama.

Terlalu riuhLalu, kenapa para pengguna Facebook makin jarang mengunggah posting bikinan sendiri? 

Salah satu faktor yang bisa mengakibatkan pengguna Facebook jarang update status adalah banyaknya jumlah “teman” dalam jaringan pengguna. 

Semakin banyak teman, maka lingkungan di Facebook bakal terasa semakin tidak privat sehingga kurang cocok untuk berbagi hal-hal yang bersifat pribadi, seperti soal keluarga tadi.

Digabungkan dengan aneka berita serta iklan yang bertebaran di News Feed, Facebook pun berubah menjadi tempat yang teralu ramai dan riuh dengan informasi sehingga membuat tak nyaman.
Kemungkinan lain, sebagian aktivitas sharing telah bergeser ke layanan pesan instan dan kompetitor Facebook. Contohnya Path yang berisi teman-teman pilihan dan Snapchat yang mendorong pengguna untuk merekam dan berbagi video singkat setiap hari.

Pengguna Facebook mencapai 1,6 miliar orang. Media sosial ini masih terpopuler di dunia, meski bermunculan pesaing baru.*

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *