HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mayoritas Warga Amerika Mencari Berita Lewat Media Sosial

Media Sosial
MEDIA Sosial sudah mulai menggantikan peran situs berita (media online, news portal) di Amerika Serikat. 

Survei terbaru menyebutkan, untuk pertama kali dalam survei pendapat umum, mayoritas rakyat Amerika mengatakan mereka sekarang memperoleh berita melalui media sosial.

Dalam survei yang dilakukan oleh PEW Research Center, 62 persen responden menggunakan situs-situs media sosial, seperti Facebook, Reddit, dan Twitter, untuk memperoleh berita.

Angka itu meningkat tajam dari 49 persen dari jajak pendapat sama yang dilakukan PEW 4 tahun sebelumnya.

Dilansir VOA Indonesia, peneliti mendapati situs media sosial yang paling popular untuk berita adalah Facebook, dengan 66 persen pengguna yang terdaftar, hampir dua pertiga membuka situs itu untuk informasi yang dipasang oleh para sahabat.

Twitter menunjukkan hampir sama baik dengan 59 persen pengguna mencari berita di situs; Linkedln, YouTube, dan Reddit juga memiliki pengguna yang sangat besar yang mencari berita di sana.

Dari mereka yang menggunakan media sosial untuk memperoleh berita, mayoritas 64 persen hanya menggunakan satu situs, yang paling sering adalah Facebook. 26 persen memperoleh berita mereka melalui dua situs, dengan hanya 10 persen menggunakan tiga atau lebih sumber media sosial.

Para periset juga mendapati lima situs media sosial yang paling banyak menarik berbagai kelompok demografi yang mencari berita.

Misalnya, pengguna Linkedln lebih cenderung daripada yang lainnya memiliki gelar perguruan tinggi, sedangkan para pengguna Facebook lebih cenderung adalah wanita dan pengguna Instagram lebih cenderung adalah golongan minoritas etnis.

Penulis berita, Jeffrey Gottfried dan Elisa Sheaver, mengemukakan, mereka yang menggunakan media sosial untuk memperoleh berita terus mencari informasi lewat sumber-sumber yang lebih tradisional, seperti televise lokal atau jaringan televisi, radio, dan surat kabar cetak.

Sembilan sumber media sosial dimasukkan dalam studi itu: Reddit, Facebook, Twitter, Tumbir, Instagram, You Tube, Linkedln, Snapchat, dan Vine. Kesembilan situs jejaring sosial itu menunjukkan pertumbuhan dalam pengguna berita dibandingkan dengan studi serupa oleh Pew dalam tahun 2013.

Sebelumnya, New York Times menurunkan laporan tentang menurunnya popularitas  situs berita karena tergerus media sosial. Sejumlah situs berita memberhentikan karyawan dan memangkas anggaran.

Media sosial dan aplikasi mobil disebutkan sudah mulai mengambil alih peran situs berita (news portal) sebagai sumber utama berita.*

Previous
« Prev Post

Komentar Spam Takkan Muncul Bro!

Contact Form

Name

Email *

Message *