HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Daftar Widget yang Tidak Perlu Dipasang di Blog

Daftar Widget yang Tidak Perlu Dipasang di Blog
Daftar Widget yang Tidak Perlu Dipasang di Blog

BLOGGER menyediakan banyak sekali gadget atau widget, yaitu elemen yang bisa dipasang di sidebar blog, seperti Popular Posts (Entri Terpopuler), Blogroll, Arsip, Feed, Featured Posts, dan sebagainya.

Namun, tidak semua widget harus dipasang di sidebar blog, agar blog kita tidak berat dan tampil cepat (Fast Loading).

Selain widget bawaan blogger, banyak pula widget yang bisa dipasang di sidebar blog dari situs lain, misalnya jam, musik, animasi, kode jumlah kunjungan, dan sebagainya.

Berikut ini beberapa widget yang tidak perlu dipasang di blog Anda karena tidak penting dan hanya akan membuat blog tampil berat.

1. Google Badges
Link akun Google Plus biasanya sudah otomatis ada di Meta Info atau Post Info, yaitu di bawah judul blog: Posted by ....

2. Popup
Ramah pengguna (user friendly) sangat penting agar pengunjung merasa nyaman dan betah membuka blog kita. Jika kita pasang popup, yaitu widget atau elemen yang muncul di halaman blog, maka akan mengganggu pengunjung.

3. Backsound Musik
Suara lagu atau musik yang tiba-tiba muncul saat blog dibuka, sangat mengganggu pengunjung. Pembaca sudah punya daftar lagu di komputernya, jadi gak usah dikasih lagu di blog kita, hanya akan mengganggu kenyamanan, apalagi jika lagunya tidak disukai pengunjung.

Backsound Musik
Backsound Musik

Masuk dalam kategori ini adalah semua audio dan video yang AUTOPLAY. Jika harus memasang musik, matikan autoplay-nya, biar pengunjung yang menentukan mau mendengarkan atau tidak.

4. Jam
Widget jam digital ataupun analog yang sebenarnya tidak terlalu penting, karena setiap komputer tentu sudah memiliki jam di bagian kanan bawah layar komputernya. Orang bisa liat jam dari taskbar di desktopnya.

5. Tracking Code
Kode yang menunjukkan jumlah kunjungan, juga kode widget yang menampilkan pengunjung online. Ada juga yang dilengkapi asal negara pengunjung. Ini tidak perlu, hanya memberatkan blog Anda.

Anda bisa lihat situs atau blog-blog populer. Penampilan blog mereka umumnya simple, tidak neko-neko menampilkan banya widget.

Masih banyak widget yang tidak perlu dipasang, termasuk Gambar Animasi atau Flash yang membuat silau mata pengunjung, juga memberatkan loading blog.

Sebabagi patokan, berikut ini daftar beberapa widget yang penting dipasang di sidebar blog untuk kepentingan SEO dan User Friendly Blog:

  1. Popular Posts
  2. Recent Posts
  3. Related Posts (dipasang di bawah tiap postingan)
  4. Search Box (Kotak Pencarian)
  5. Subsbribe Box (Kotak Berlangganan)
Itulah widget minimal yang wajib dipasang di sidebar blog. Sebaliknya, minimal ada lima pula widget yang tidak perlu dipasang di sidebar blog. Good Luck! (http://detikstyle.blogspot.com).*

Previous
« Prev Post

4 comments

Saya tadi cek kecepatan blognya masih kurang bagus malah merah, apakah jumlah populerpost juga berpengaruh?
saya widget ga banyak-banyak juga sih pengennya cepet banget tapi kalo kompres gambar artikel takut buruk kualitas gambarnya. Bagaimana yaa baiknya? terimakasih

Hendri natureve shop

Ya, ukuran gambar sangat berpengaruh pada kecepatan blog. Gambar di media online (blog) tidak perlu resolusi tinggi, idealnya 50-100 kb. Kalo sampai ratusan kb atau bahkan MB, pasti memberatkan loading blog.

Mantap gan, trmsk infonya

Terima kasih...
Sangat bermanfaat...

Komentar Spam Takkan Muncul Bro!

Contact Form

Name

Email *

Message *